Senin, 23 April 2018

TUTORIAL MEMBUAT WIDGET FIXED ATAU MELAYANG PADA WORDPRESS

Cara membuat widget melayang WordPress

jasa pembuatan website jakarta selatan - Saat Kamu berkunjung ke beberapa situs (blog) atau situs mungkin Kamu juga akan lihat ada
bagian yang ketika di scroll atau halaman digulung dengan mouse maka bagian itu juga akan ikuti kebawah ataupun keatas. Ada bagian-bagian element penting yang di buat fixed, mengambang atau melayang-layang oleh yang memiliki situs untuk tujuan tertentu. Mungkin Kamu juga akan lihat element di buat fixed di bagian header bar, footer bar, sidebar widget ataupun newsletter dan banyak sekali lagi.

Untuk buat melayang-layang atau fixed di bagian header, ataupun footer bar Kamu dapat membaca tutorial-tutorial saya pada situs (blog) ini. Untuk artikel ini saya juga akan khusus buat tutorial untuk buat widget jadi fixed atau melayang-layang dengan memakai plugin gratis q2w3 Fixed Widget.

KEUNTUNGAN MEMBUAT WIDGET MELAYANG
Dengan terdapatnya bagian element pada situs yang melayang-layang atau mengambang saat di scroll ini juga akan sangat mungkin tingkat click yang lebih tinggi dari pada bagian yang terlihat diam atau tetaplah. Bila Kamu memakai fixed widget ini untuk iklan maka dengan automatis juga akan tingkatkan pendapatan Kamu karena pengunjung juga akan merasa tertarik untuk lihat bagian yang lebih menonjol dari pada yang beda itu.

Cara buat widget melayang-layang WordPress

Kamu dapat memakai langkah tersebut tidak cuma untuk iklan, tapi untuk buat melayang-layang pada beragam jenis widget yang terdapat pada website WordPress Kamu. Kamu dapat buat melayang-layang untuk tulisan terkahir, tulisan paling baru, kotak subscriber, iklan dan banyak sekali lagi.

Bukan sekedar website situs kecil yang memakai langkah tersebut untuk menarik perhatian pengunjung, tapi website jejaring social facebook yang populer juga buat bagian sidebar mereka melayang-layang atau fixed untuk bagian iklannya. Dengan ketahui hal itu, itu telah menunjukkan kalau buat bagian element pada sidebar terlihat melayang-layang memberi efek yang besar untuk menarik perhatian pemakai. Jadi saat ini yaitu waktunya untuk Kamu mengaplikasikan langkah tersebut pada website WordPress Kamu.

CARA MEMBUAT WIDGET FIXED ATAU MELAYANG DI WORDPRESS
Hal pertama yang perlu Kamu kerjakan yaitu meng-install dan aktifkan plugin q2w3 Fixed Widget melalui admin WordPress Kamu.

Setelah plugin usai Kamu install dan aktifkan maka juga akan keluar item menu baru dengan nama “Fixed Widget Options” dan jadi sub menu dari Appearance. Dan silakan masuk ke menu itu untuk melakukan konfigurasi plugin.

Pada halaman penyusunan plugin Kamu juga akan lihat penyusunan yang sangat simpel dan pemula pun pastinya akan dengan mudah untuk melakukan konfigurasi pada plugin ini.

Seperti gambar di atas ini, Kamu juga akan lihat di bagian “General Options”, Di mana Kamu dapat mengatur “Margin Top” jadi jarak dari widget yang juga akan Kamu menjadikan fixed atau melayang-layang dengan jarak widget beda, demikian halnya sebaliknya untuk penyusunan “Margin Bottom” bermakna untuk jarak dengan element di bawah nya.

Sedang untuk “Refresh Interval” biarlah seperti defaultnya yakni 1500, dan untuk screen max width yaitu untuk ukuran widget itu untuk menghadirkan widget dalam kondisi melayang-layang, contoh bila Kamu isi dengan 800px, maka saat ukuran di bawah 800px maka widget akan tidak terlihat melayang-layang, jadi ini dapat Kamu pakai untuk mengatur ketika pemakai memakai smartphone maka akan tidak terlihat melayang-layang.

Penyusunan Fixed Widget 1

Setelah itu untuk bagian “Compability” saya hanya mencentang untuk Auto fix Widget id dan User jQuery Window, sedang untuk widget display callback saya masukan nilai 30. Apabila konfigurasi Kamu usai janganlah lupa untuk click tombol “Save Changes”.

Penyusunan Fixed Widget 2

Setelah itu yakni langkah paling akhir untuk buat widget fixed, silakan masuk ke menu Appearance » Widgets dan pilih widget mana yang ingin Kamu buat melayang-layang, dan kerjakan centang pada pilihan checbox “Fixed Widget”. Dalam contoh ini saya buat text widget jadi eksperimen. saksikan gambar berikut.

Penyusunan Fixed Widget 3

Setelah Kamu centang pada pilihan “Fixed Widget” silahlan untuk menaruh widget dan saksikan perubahan pada website WordPress Kamu. Bila bagian sidebar yang Kamu buat fixed tidak tampil melayang-layang, silakan untuk menghapus cache pada browser Kamu dan cache pada website WordPress Kamu bila memakai plugin caching.

Catatan : Plugin fixed widget ini bekerja untuk semua type widget yang berada pada WordPress. Kamu dapat memakainya untuk beragam hal seperti promosi product, menulis popular, photo flickr, facebook, kalender Google, dan apa pun yang ingin Kamu gunakan jadi fixed atau melayang-layang.

Dan tersebut tips singkat untuk buat widget melayang-layang pada WordPress dengan plugin q2w3 Fixed Widget. Mudah-mudahan artikel ini berguna buat Kamu dan silakan coba. 🙂

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.