Senin, 18 September 2017

Tips Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Gambar terkait

cara meredakan nyeri haid hari pertama - Menstruasi atau datang bulan adalah salah satu rutinitas yang senantiasa dihadapi wanita yang masih tetap produktif dalam setiap bulannya. Seperti yang Kamu kenali saat datang bulan beberapa wanita biasanya sering alami banyak hal seperti pegal-pegal pada tubuh, nyeri dan sakit perut. Bila Kamu alami hal itu Kamu tidaklah perlu cemas dan janganlah cepat-cepat minum obat. Karena Kamu dapat mengatasinya dengan memakai cara alami. Sebelumnya mengulas tentang cara menangani nyeri perut saat haid, tersebut disini penyebabnya nyeri saat haid.

Biasanya ada banyak hal yang mengakibatkan nyeri ketika haid, satu diantaranya yakni karena kontraksi. Walau kontraksi halus pada otot dinding rahim terjadi selama waktu, walau demikian kontraksi ini juga akan makin kencang ketika menstruasi. Kontraksi itu juga akan menghimpit pembuluh darah yang melingkari rahim, hingga mengambil keputusan supply darah dan oksigen ke rahim. Minimnya dan ketiadaan oksigen berikut yang mengakibatkan jaringan rahim melepas bahan kimia yang membuat rasa nyeri.

Rasa nyeri itu juga akan makin jelek dan tidak tertahankan, karena badan juga keluarkan bahan kimia yang lain yang bernama prostaglandin. Prostaglandin berikut yang menyebabkan otot rahim selalu berkontraksi. Tidak hanya itu saja, prostaglandin dapat juga menyebabkan keadaan beda, dari mulai sakit kepala, lemas, diare dan mual. Disangka, beberapa wanita menghasilkan prostaglandin dalam jumlah yang lebih banyak hingga ia juga akan rasakan nyeri yang tidak tertahankan. Terkecuali karena ada kontraksi, nyeri saat haid dapat juga karena sebab penyakit tertentu, seperti endometriosis, adenomiosis, fibroid, radang panggul dan yang lain.

Lalu bagaimana caranya mengatasinya? Untuk lebih detilnya, berikut penjelasannya.

Kompres dengan memakai air hangat 

Cara yang pertama yaitu mengompres perut dengan air hangat. Langkah tersebut adalah cara yang seringkali dilakukan. Langkahnya simpan air hangat atau panas kedalam botol dan tempatkan botol itu pada perut Kamu. Tehnik ini adalah cara untuk merelaksasikan perut dalam menyingkirkan rasa nyeri.

Konsumsi makanan yang kaya zat besi 

Seseorang wanita yang memiliki desakan darah rendah atau anemia semakin lebih rawan alami nyeri saat haid berjalan. Oleh karenanya untuk menangani hal semacam ini Kamu baiknya memenuhi keperluan zat besi pada badan. Ada beberapa makanan kaya zat besi yang bisa Kamu mengkonsumsi. Seperti ubi rambat merah, bayam maupun kacang-kacangan. Terkecuali dapat menangani nyeri saat haid, sayuran itu dapat juga menolong tingkatkan kesehatan badan Kamu.

Melakukan pijatan lembut 

Cara menyembuhkan nyeri perut saat menstruasi yang setelah itu yaitu dengan cara melakukan pijatan lembut. Pemijatan dapat Kamu kerjakan di bagian perut bawah dan tulang pinggang dengan rata. Walau demikian saat melakukan pemijatan itu baiknya Kamu waspada karena salah pemijatan dapat mengakibatkan rasa lebih nyeri. Agar pijatan yang Kamu kerjakan lebih maksimum, Kamu dapat juga melakukan pijatan enteng pada otot bagian dalam tulang kering dari atas sampai bawah.

Jauhi minuman dingin dan alkohol 

Terkecuali cara diatas, Kamu dapat juga mengatasinya lewat cara hindari minuman dingin dan alkohol. Karena ke-2 type minuman itu dapat buat nyeri yang Kamu alami sangat kronis. Baiknya ubahlah minuman itu dengan minuman hangat yang bisa buat perut Kamu makin baik.

Berbaring 

Cara menangani nyeri tanpa ada obat setelah itu yaitu dengan cara berbaring. Coba untuk berbaring di tempat yang nyaman seperti ditempat tidur maupun di sofa. Saat berbaring, manfaatkanlah bantal untuk menyokong lutut, lalu ambil napas panjang lewat hidung dan buang lewat mulut. Kerjakan hal semacam ini berkali-kali sampai perut Kamu terasa nyaman.

Olahraga ringan 

Saat datang bulan biasanya wanita malas untuk olahraga. Walau demikian tahukah Kamu olahraga enteng saat menstruasi dapat menolong Kamu untuk menangani nyeri? Berolahraga enteng yang bisa Kamu kerjakan yakni jalan kaki maupun jogging enteng.

Baca juga : dampak buruk merokok bagi wanita

Kurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan garam 

Setelah itu yaitu dengan cara kurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan garam. Terkecuali nyeri perut, ketika datang bulan sering beberapa wanita merasa tubuhnya jadi bengkak dan bahkan juga berat tubuhnya pun naik. Hal semacam ini karena ketika haid hormon buat badan mengikat air lebih banyak. Hingga baiknya Kamu hindari makanan yang kaya garam. Hal semacam ini karena garam dapat mengikat cairan badan yang selanjutnya mengakibatkan badan terasa makin bengkak.

Jangan pernah dehidrasi 

Cara menyembuhkan nyeri saat haid tanpa ada obat setelah itu yaitu minum air putih dengan teratur. Pastikan Kamu tidak alami dehidrasi maupun kurang minum air putih saat datang bulan. Karena air putih yang Kamu minum dapat memperlancar haid. Jauhi juga kopi dan minuman bersoda, karena ke-2 minuman itu dapat buat perut kembung dan tidak nyaman.

Jauhi begadang 

Baik tengah menstruasi maupun tidak, badan memerlukan istirahat yang cukup dalam sehari-harinya. terkecuali dapat buat Kamu lebih fresh pada pagi hari, tidur selama 7 jam /hari dapat juga kurangi rasa sakit dan nyeri perut saat datang bulan.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.